Selasa, 15 September 2015

Tinjauan pustaka


STUDI PUSTAKA
Pengertian system
Sistem adalah kumpulan dari beberapa komponen yang saling terikat berkerjasama untuk melakukan tujuan tertentu. Dalam suatu system dapat berjalan dengan benar apabila komponen / elemen penyusun tersebut salaing terintregasi dan berkerja sesuai dengan fungsinya masing masing.
Pengertian Data
            Data dalah kenyataan yang ditangkap dari hasil pemikiran panca indera manusia yang kemudian dicatat. Pada sebuah system data data yang telah diperoleh selanjutnya disimpan , diolah pada system informasi untuk memberikan informasi berdasarkan data yang ada. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk mengambil sebuah keputusan . Untuk bagian top manager.
Pengertian informasi
            Informasi adalah kumpulan data data yang telah diolah sehingg dapat menjadi sebuah informasi. (menurut Romney dan Steinbart 2003. Dengan semakin banyaknya data yang diperoleh akan mempengaruhi jumlah informasi yang akan disajikan. Informasi dapat digunakan oleh masing masing penguna sesuai tingkat jabatannya pada sebuah organisasi. Mulai level operasional management , middle management, top management.
Pengertian manajemen
            Manajemen adalah suatu kerangka kerja yang diatur oleh beberapa kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dengan maksud yang nyata.(menurut George r.Terry 1996). Hasil pencapaian tujuan sebuah organisasi dapat dilihat dari system pengatur kerja yang sesuai untuk tiap elemen.
Pengertian Sistem informasi
            Sistem informasi adalah suatu system dalam sebuah organisasi yang membutuhkan pengolahan transaksi harian,minggu, bulanan, mendukung operasional management serta menyediakan pelaporan pelaporan bagi pihak pihak tertentu.Menurut Robert.2000 , system informasi yaitu informasi yang terorganisir secara teratur untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Serangkaian proses pertukaran informasi pada sebuah perusahaan terjaddi secara terus menerus , dan lancer sesuai dengan perencanaanya.


Pengertian Sistem informasi manajemen
            Sistem informasi manjemen adalah system informasi bisnis yang dirancang untuk menyediakan informasi yang tepat pada saat ini, mendatang , bahkan masa lalu untuk mengatur operasi organisasi.Perlu adanya monitoring pada setiap operasi organisasi sehingga kelancaran informasi berjalan . Monitoring ini juga sebagai tinjauan awal mengenai hal hal yang sudah dicapai perusahaan.
Pengertian analisis system
            Analisis system adalah menguraikan per komponen komponen system untuk mengevaluasi maslah masalah yang ada hambatan, kesempatan, dan kemajuan dan diharapkan untuk pengajuan suatu perbaikan . Bahkan bila system tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman  biasanya dirubah total , membuat system baru yang lebih relevan dengan keadaan yang ada. Tujuan anailsis system adalah untuk hal hal detail tentang yang akan dikerjakan suatu system yang diusulkan, anaisis ini lebih pada isu isu bisnis yang sedang terjadi saat ini.
Tahapan tahapan yang harus dilakukan untuk menganalisis suatu system yaitu
1.      Identifikasi masalah yang terjadi
2.      Memahami cara kerja system, pola kinerja yang sudah ada
3.      Menganalisis sitem yang sudah ada
4.      Membuat laoparan hasil analisis
Berdasarkan uraian Hartono 1999 menunjukan bahwa tahapan analisa system berlaku pada jaringan system yang telah terlaksana.

Sistem informasi laboratorium
            Sistem informasi laboratorium adalah system kinerja antara berbagai komponen komponen yang berpengaruh pada kelancaran kegiatan dalam laboratorium. Laboratorium yang berfungsi untuk percobaan praktikum , pengujian serta pencatatan pengujian . Untuk mengatur system informasi laboratorium yang berlangsung secara efisien, perlu adanya standar standar kerja tingkat tinggi . Kelengkapan keamanan dalam setiap pengujian multak diperlukan untuk menjaga orang yang bekerja saat pengujian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar