STUDI PUSTAKA
Pengertian system
Sistem
adalah kumpulan dari beberapa komponen yang saling terikat berkerjasama untuk
melakukan tujuan tertentu. Dalam suatu system dapat berjalan dengan benar
apabila komponen / elemen penyusun tersebut salaing terintregasi dan berkerja
sesuai dengan fungsinya masing masing.
Pengertian Data
Data dalah kenyataan yang ditangkap dari hasil pemikiran
panca indera manusia yang kemudian dicatat. Pada sebuah system data data yang
telah diperoleh selanjutnya disimpan , diolah pada system informasi untuk
memberikan informasi berdasarkan data yang ada. Informasi tersebut dapat
digunakan sebagai bahan acuan untuk mengambil sebuah keputusan . Untuk bagian
top manager.
Pengertian informasi
Informasi adalah kumpulan data data yang telah diolah
sehingg dapat menjadi sebuah informasi. (menurut Romney dan Steinbart 2003.
Dengan semakin banyaknya data yang diperoleh akan mempengaruhi jumlah informasi
yang akan disajikan. Informasi dapat digunakan oleh masing masing penguna
sesuai tingkat jabatannya pada sebuah organisasi. Mulai level operasional management
, middle management, top management.
Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu kerangka kerja yang diatur oleh
beberapa kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dengan maksud yang
nyata.(menurut George r.Terry 1996). Hasil pencapaian tujuan sebuah organisasi
dapat dilihat dari system pengatur kerja yang sesuai untuk tiap elemen.
Pengertian Sistem
informasi
Sistem informasi adalah suatu system dalam sebuah
organisasi yang membutuhkan pengolahan transaksi harian,minggu, bulanan,
mendukung operasional management serta menyediakan pelaporan pelaporan bagi
pihak pihak tertentu.Menurut Robert.2000 , system informasi yaitu informasi
yang terorganisir secara teratur untuk mencapai tujuan yang diinginkan
perusahaan. Serangkaian proses pertukaran informasi pada sebuah perusahaan
terjaddi secara terus menerus , dan lancer sesuai dengan perencanaanya.
Pengertian Sistem
informasi manajemen
Sistem informasi manjemen adalah system informasi bisnis
yang dirancang untuk menyediakan informasi yang tepat pada saat ini, mendatang
, bahkan masa lalu untuk mengatur operasi organisasi.Perlu adanya monitoring
pada setiap operasi organisasi sehingga kelancaran informasi berjalan .
Monitoring ini juga sebagai tinjauan awal mengenai hal hal yang sudah dicapai
perusahaan.
Pengertian analisis system
Analisis system adalah menguraikan per komponen komponen system
untuk mengevaluasi maslah masalah yang ada hambatan, kesempatan, dan kemajuan
dan diharapkan untuk pengajuan suatu perbaikan . Bahkan bila system tersebut
sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman
biasanya dirubah total , membuat system baru yang lebih relevan dengan
keadaan yang ada. Tujuan anailsis system adalah untuk hal hal detail tentang
yang akan dikerjakan suatu system yang diusulkan, anaisis ini lebih pada isu
isu bisnis yang sedang terjadi saat ini.
Tahapan tahapan yang
harus dilakukan untuk menganalisis suatu system yaitu
1.
Identifikasi masalah yang terjadi
2.
Memahami cara kerja system, pola kinerja
yang sudah ada
3.
Menganalisis sitem yang sudah ada
4.
Membuat laoparan hasil analisis
Berdasarkan
uraian Hartono 1999 menunjukan bahwa tahapan analisa system berlaku pada
jaringan system yang telah terlaksana.
Sistem informasi
laboratorium
Sistem informasi laboratorium adalah system kinerja
antara berbagai komponen komponen yang berpengaruh pada kelancaran kegiatan
dalam laboratorium. Laboratorium yang berfungsi untuk percobaan praktikum , pengujian
serta pencatatan pengujian . Untuk mengatur system informasi laboratorium yang
berlangsung secara efisien, perlu adanya standar standar kerja tingkat tinggi .
Kelengkapan keamanan dalam setiap pengujian multak diperlukan untuk menjaga
orang yang bekerja saat pengujian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar